Camping at Ngrumput Beach

Setelah melewati perencanaan yang kurang lebih satu bulan, akhirnya semua pada komitmen ( cause this is the first agenda that fix it) buat partisipasi kegiatan keakraban kelas. Camp ini digawangi pak ketua ( Ramadhan Nur), dibantu Arif budiman as a secertary, dan seksi koar-koar ( me, wkwkwk) yang setiap saat selalu nagih iuran (ini sudah jadi kebiasaan dikelas, yang nagih juga bagianya jatuh kee... ane). Tapi gapapa, demi kegiatan jalan kan harus ada yang mau berkorban nggih,.
Sebelum masuk ruangan UAS ( mikro teori kalo ga salah) , lagsung aksi dilancarkan ( narik iuran), biar pada berangkat kalo uda bayar wkwkwk, langsung plot tugas abis ujian, tenda, panci, kompor jatuh ke Riyan sama Mamat ( Perkap lah itunganya), lama mikir, pas malem tanggal 9 tuh, si Riyan chat, masa gaada bakar-bakar gitu?? spontan aku jawab mail ahlinya (wkwkwk, karena kan dia yang paling bisa diandelin soal bahan bakar-bakar), hari H nih, yang lain ujian elektronika, aku prepare, yang lain prepare abis ujian, ada yg isi gas dulu buat kompornya, yang kasian si mail, ambil dulu ketela pohon ( jawa red.: Thelo) langsung dari ladang, aku cus ke Mangunan buat ambil ketela, kayu, tiker sama mail.
Jam 13.50 yang lain kumpul diarea kampus, mulai berangkat ke tujuan, lewat jalan Wonosari dan kita janjian ketemu di Pathuk. Akhirnya kita cus meluncur bareng kesana, tinggal Fajar ( dari Kulonprogo cus Pathuk ( 2 jam menn ), dan kita nunggu anggota satu ini lama banget hampir sejam ( ternyata eh ternyata, dia kan lewat mangunan yang terkenal daerah wisata, sempet mampir duluan buat foto-foto gitu, padahal kita lumutan nunggu di pathuk). Begitu nongol si Fajar, langsung kita cus ke kota Wonosari, sambil jemput Cahya, karena rumahnya disana jadi dia tinggal meluncur.
2 jam perjalanan, akhirnya kita sampai di pos retribusi, bayar dulu. Tapi sayang, petugas retribusi korupsi, kita ber13, karena Albab nyusul, tapi cuma diaksih tiket 4. Petugas itu korupsi 9 tiket @10.000 jadi dari rombongan kami, mereka dapat @90.000 brohh. Kecewa berat liatnya, aku sempet bilang, kok segini pak tiketnya, katanya gapapa ( busyett dahh, ini alasan klasik). Rombongan langsung lanjut perjalanan, dan sampailah kita di pantai Drini, bukan buat camp nya, tapi cuma buat parkir.
Dari pantai ini, kita masih harus naik bukit , baru lah kita disambut dengan tanah lapang berundak yang cukup luas sebelum ke pantainya. Foto-foto sambil liat sunset yang epic, lumayan bagus karena prediksi kita ga bakal dapet sunset ini, soalnya langit mendung. Tapi ini ajaib, rejeki anak soleh wwkwkwk..

Hampir Maghrib, kita lanjut perjalanan ke Pantai Ngrumput buat sholat dan Camp, ternyata, disana uda banyak tenda berdiri , jadi kita sempet bimbang mau buat tenda dimana, soalnya cukup ramai. Kita putuskan sholat dulu, FYI sholat disini gabayar, tapi buat wudhu harus bayar @2000, sebenernya, dalam hati kok iya ya cuma buat wudhu aja harus bayar, ini tempat wisata lo, dan ini ( wudhu ) rangkaian dari ibadah. Kalo buat ke toilet, boker gitubayar gapapa. Dan bukan soal duit, melainkan ibadah kok dikomersialkan pikirku (ini negara muslim terbesar didunia lo, as Indonesia). Tapi gapapalah, semoga fasilitas disana segera dilengkapi.

Sholat udah, kita buat tenda di area pantai, begitu tenda keempat selesai, gerimis turu, barang-barang masuk tenda semua. Kita plot tenda, langsung masuk semua ketenda masing-masing. begitu masuk, panas abis dan hujan tak kunjung turun ternyata wkwkwk. Jadi kita segera buat perapian, gelar tiker, maen domino, bakar kayunya ga jadi, ternyata kayunya masih basah, so kita beli lagi kayu disana 2 iket sekalian, barulah api nyala, kita bakar ketela, buat kopi penghilang penat . Dan jam menunjukan pukul 22.47 kita mencar sebagian, ada yang ke bibir pantai sekerdar cerita sambil menikmati deburan suara ombak, ada yang masih minan poker, ada yang lagi bakar -bakar, ada juga yang lagi masak makanan andalan ( mie instan).

Mie siap disantap, semua kumpul buat sekedar isi perut, kita mencar lagi, kali ini spotku di pinggir pantai, ngumpul, ceritasampai tidur si Mamat, pules bener kayanya.Sampai Cahya dateng, dia mainan pasir, awalnya sih biasa, menghadap kelangit sambil tiduran, liat bintang ( cuma 2), awan-awan mlam yang gerak pelan banget, mulai merenung, disitu ada bintang paling terang, cuma 1 setauku namanya sirrius (cyrius), jadi inget film Tuhan mengapa aku berbeda wkwkwk. Angin semilir ga begitu dingin hampir membuatku tidur, enak banget. Tapi si Cahya kegiraangan, dia uda buat jebakan sedalam paha ternyata, dan langsung menguburkan kakinya, spontan aku ikut bantu urug sama yayang wkwkwk, belum selesai urug, rintik ujan mulai turun, akhirnya mamat bangun. Kita cus pindah ke tenda, beberes alat yang masih diuar, masuk tenda dan tidur.

Ga bisa tiidur juga, panas, tapi mager mau keluar, lagi -lagi, ujan tidak kunjung turun. Mata dipaksa tidur, merem sih, tapi otak masih sadar diajak ngobrol. Kita ngobro sesama pendaki ( sombong banget, bukan, masih pemula) sama  si Arif, ngalor ngidul, agak lelap lumayan ada 30 menit kali tidur. Langsung denger ada yayang sama mamat lagi masak buat saur mamat, kebetulan tenda ga ditutup, begitu buka mata, subhanallah, bulan purnama brohh, cantik banget, langsung bangun, ambil HP,  foto ga lupa.

Langsung keluar tenda, mendekat ke perapian, disana lagi pada cari milky way tapi ga nemu, so mereka yayang sama mamat foto bulan aja. Masih ada sisa bakar-bakar, aku santap wkwkwk, anget juga diluar, karrna bara apinya masih nyala.Aprijal bangun meninggalkan matras dannn aku tempati wkwk, pemandangan langit bagus banget, cerah. Sampai pagi, bangun sholat subuh, beberapa langsung naik ke bukit. Aku nyusul, dan sunrise pagi ini tertutup awan, walaupun dapet juga sih akhirnya walaupun cuma bentar. Kita langsung foto bareng, sampai rintik hujan pun turun.
Kita putuskan buat turun, dan langsung buat sarapan, sebgaian lagsung mandi dipantai, panas kembali datang tambah temen dari tenda lain mandi basah -basahan juga. Setengah dari tim masih ditenda, aku masak mie dulu, yang lain main domino ( baru tau strategi mainya aku wkwkwk). Mie ready, sebagian makan, langsung gabung ikut basah-basahan, semua yang beum basah diseret ke pantai, ada ardis sama bion, kasian si ardis kaya mau nangis, tapi ternyata mereka langsung ketagihan nyemplung sekalian. Cukup lama, kita buat video loncat bareng lawan ombak, abis itu pada negjar si mbak-mbak dri kampus Wates (wkwkw) buat nyuri perhatian, ngerjain simail pake pasir, buat patung yg agak pornografi wkwkwk, kita foto bareng sebelum ombak menghempas karya anak-anak tak bertanggung jawab ini....
Lanjut volly pantai, walaupun banyak yang ga bisa mainya, tapi semua enjoy, kecuali si Nur, karena kecapean mungkin. Sampai badan gosong song kebakar matahari, semua seakan menikmati permainan, jatuh kesana kemari, merasakan terbang pas ambil bola wkwk, dan permainan di akhiri dengan 13-15
sekali set. Langsung pada mandi, ditenda cuma ada aku, bion, sama riyan, waktu itu bion cerita kalo buah pandan itu enak rasanya mirip kelapa kalo di Belitung ( rumahnya), langsung si riyan penasaran, ambil buahnya dan di belah langsung pake pisau (lading) si Mail, dan teng ting tonnggg, pisaunya malah patah jadi 2 wkwkwkkwk, tanpa rasa bersalah, pisaunya langsung di  taruh wadah, kita ketawa geli banget. Untungnya riyan pas mandi, si mail kaget dannn ( kayanya agak marah nih mukanya mulai ciut), aku ga enak banget, soalnya yang nyuruh bawa pisau itu aku, dan pas ngambil pisau jaket si Mail sobek dilengan wkwkwk ( perjuangan, ternyata malah petaka semua ).

udah, lupakan itu semua, kita beberes semua perlengkapan, dan memutuskan pulang, dan foto bareng biar ada kenangan. Setidaknya, moment ini sungguh manis karena acara pertama yang berhasil buat kita kumpul bareng. Makasih kawan dulur semua atas kerjasama, Arif, Nur, Riyan, Mail, Yayang, Mamat, Hufi, Ardis, Aprijal, Albab ( dia nyusul buat bawa logoistik tambahan pagi buta, salute ), Biondy, Cahya, Fajar.Inilah catatan gambaran kebersamaan kami, diluar kelas, jadi tau semau kegilaan kami.

Sebenernya buat acari ini udah pada rembugan panitianya, uang iuran ga cukup, soalnya buat ke tujuan sampai camp, banyak biaya yang harus dikeluarin, so atas yakin sama yakin, kita mikir yang penting berangkat. Urusan duit kurang nanti ada solusinya. Dan inilah dokumentasi kami.
sisa bakar- bakar pagi

di bukit kosakora

sarapan abis nyemplung















Komentar

Postingan Populer